Akuntansi Biaya

ekonomi fffffffPengertian Akuntansi Biaya :

Adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.

Tujuan Akuntansi Biaya :

Yakni untuk menyediakan informasi biaya bagi kepentingan manajemen guna membantu mereka di dalam mengelola perusahaan atau bagiannya.

Klasifikasi Biaya (Penggolongan Biaya) :

Biaya dapat digolongkan menjadi beberapa golongan atas dasar, yakni sebagai berikut :

  1. Obyek Pengeluaran
  2. Fungsi-Fungsi Pokok Perusahaan
  3. Hubungan Biaya dengan Sesuatu yang Dibiayai
  4. Atas Dasar Tingkah Lakunya terhadap Perubahan Volume Kegiatan
  5. Jangka Waktu

Metode Pengumpulan Biaya Produksi :

Pengumpulan harga pokok produksi dapat ditentukan oleh cara produksi, yakni :
a)Produksi atas dasar pesanan, menggunakan metode harga pokok pesanan (job order cost method)
b)Produksi massa, mengumpulkan harga pokok produksi dengan menggunakan metode harga pokok proses (proses cost method)

Metode Penentuan Harga Pokok Produksi :

Cara memperhitungkan unsur-unsur biaya ke dalam harga pokok produksi. Ada dua pendekatan :
a)Full Costing, merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsure biaya produksi ked ala harga pokok produksi baik yang bersifat variabel maupun tetap
b)Variable Costing, yakni Metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi yang berperilaku variabel ke dalam harga pokok produksi

Perbandingan Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur dengan Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang :

1. Perusahaan dagang

Perusahaan yang kegiatannya membeli barang dagangan dari perusahaan lain dan melakukan penjualan barang tersebut kepada konsumen atau perusahaan manufaktur.
Untuk mendapatkan barang dagangan, perusahaan dagang mengeluarkan biaya, yang dalam laporan laba rugi dikelompok kan menjadi 3 golongan yakni :

  1. Harga pokok penjualan
  2. Biaya pemasaran
  3. Biaya administrasi dan umum

2. Perusahaan Manufaktur

Perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi produk jadi dan melakukan penjualan produk tersebut kepada konsumen atau perusahaan manufaktur lain.
Kegiatan pengolahan bahan baku, menjadi produk jadi memerlukan 3 kelompok pengorbanan sumber ekonomi, yakni :

  1. Pengorbanan bahan baku
  2. Pengorbanan jasa tenaga kerja,dan
  3. Pengorbanan jasa fasilitas

Dalam pemasaran produk jadi, juga memerlukan pengorbanan sumber ekonomi, yakni :

  1. Biaya produksi (terdiri biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik)
  2. Biaya pemasaran
  3. Biaya administrasi dan umum

daryono.staff.gunadarma.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s